Mari menjadi Pemuda yang terus Berkarya untuk Bangsa dan Negara, Pesan Bupati Tuban

Mitra Jatim
By -
0

Tuban, mitrajatim.com. - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE mengajak seluruh pemuda untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara melalui karya nyata. Sebab, kemajuan bangsa adalah tanggung jawab bersama.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya pada Resepsi Kenegaraan HUT ke-78 Republik Indonesia di Pendapa Kridha  Manunggal Tuban. Pada Kamis, (17/08/2023)

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, Forkopimda, Sekda Tuban, Kepala OPD, Camat, Kepala Instansi Vertikal, Kepala Desa, Veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat serta diikuti oleh seluruh anggota Paskibraka tahun 2023.

"Di hadapan para tamu undangan, Mas Lindra panggilan keakraban Bupati Tuban menyampaikan, "bangsa kita memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Namun, belum bisa dikelola dengan baik. "Tugas kita adalah harus mampu membuat bangsa ini maju, dengan dua bekal ini," ucapnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, sebagai generasi muda penerus tongkat estafet kepemimpinan, harus bisa  amanah dan  mempertanggungjawabkan jabatan dengan membuat sebuah karya dan inovasi. "Hal ini berlaku tak hanya  untuk  Bupati, namun juga seluruh Pimpinan dari OPD, Camat, dan semua bapak ibu yang saat ini menjabat," tegasnya.

Menurut  Bupati, suatu bangsa untuk maju adalah ketika masyarakatnya dapat dengan mudah terpecah belah. Baik termakan isu hoax ujaran kebencian, hingga doktrin dan penggiringan opini yang merujuk pada perpecahan dan perselisihan. Apalagi, di era kemajuan teknologi hadirnya sosial media memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk berekspresi.

Namun lanjut Bupati, kebebasan berekspresi yang tidak bertanggung jawab menimbulkan dampak negatif. " Saling fitnah, caci maki, dan berdebat tiada ujung yang tidak ada manfaatnya," katanya.

Untuk itu, momen kemerdekaan ini harus menjadi refleksi untuk menjadi generasi penerus yang bisa membuat perubahan bagi bangsa. 

Perjuangan para veteran untuk merebut kemerdekaan terlalu mahal jika diisi dengan sikap antipati, acuh tak acuh terhadap lingkungan, dan rendah diri. " Mari buat bangga para pendahulu kita pejuang kemerdekaan yang diantaranya ada dihadapan kita agar tersenyum melihat generasi muda penuh dengan optimisme, berkarya untuk kemajuan bangsa," katanya menegaskan.

"Bupati berpesan kepada para generasi muda untuk banyak membaca , mendengar dan melihat. Sebab dalam prosesnya akan membentuk kedewasaan bersikap dan berpikir. Sebab, kemajuan peradaban adalah tanggung jawab generasi saat ini. "Mari berusaha selalu menjadi versi terbaik dari diri kita setiap harinya," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diselingi hiburan penampilan dari Paskibraka Tuban.

Rangkaian HUT Ke-78 RI di Kabupaten Tuban dimulai tanggal 16 Agustus 2023  yaitu dengan mendengarkan Pidato Kenegaraan, Malam Refleksi Kemerdekaan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Selanjutnya Upacara HUT RI di Alun-alun Tuban 2023, Upacara Virtual Bersama Presiden RI dan Upacara Penurunan Bendera Merah putih di Alun-alun Tuban.

Gelaran Peringatan Hari Kemerdekaan ditutup dengan Pesta Rakyat Tumpengan Bersama Mas Lindra, Festival Jajanan Khas Tuban dan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal. 

Pewarta: (Harto/Masrip).

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*