Tim 2 KKN Undip tahun 2023 di SD Negeri 2 Bade

Mitra Jatim
By -
0

Boyolali, MITRAJATIM.COM - Ada berbagai macam cara untuk memeriahkan HUT Proklamasi kemerdekaan RI ke 78. 

Seperti yang dilakukan oleh Tim 2 KKN Undip tahun 2023 di Desa Bade. Dimana mereka mengadakan serangkaian kegiatan yaitu pelatihan mewarnai wayang Semar kepada anak anak kelas 1,2,3,4 SD Negeri 2 Bade.

Pelatihan mewarnai wayang Semar tersebut diikuti oleh sekitar 75 siswa yang semangat dan antusias dalam mengikutinya. Pelatihan mewarnai wayang Semar tersebut dibimbing oleh pelukis senior dari dukuh Pelang, Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Ki Djoko Sutedjo. 

Ki Djoko menuturkan kepada wartawan alasan ia mengangkat Semar sebagai objek lukisannya karena sifat Semar yang menggambarkan kebijaksanaan, kejujuran, dan kerendahan hati pada siapa saja meski Semar itu sesungguhnya merupakan sosok dewa yang menyamar/menjelma sebagai rakyat jelata. 

Annisa Rahmasari, mahasiswa UNDIP dari jurusan Antropologi, sebagai pemateri pada pelatihan tersebut menceritakan tentang sifat semar kepada siswa. bahwa Semar merupakan tokoh yang bersifat jujur, selalu rendah hati, serta bijaksana.

Sehingga, sifat dan karakter Semar tersebut masih relevan untuk ditanamkan kepada siswa agar nantinya mereka dapat mencontoh dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari. 

Begitu pula yang disampaikan oleh M. Dean Wishnu Wijaya, sebagai ketua tim 2 KKN Undip di Desa Bade, menambahkan bahwa diadakannya pelatihan wayang Semar ini ditujukan agar siswa/siswi Indonesia jangan sampai terpengaruh oleh kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan kepribadian anak Indonesia. Pungkasnya. (Kj)

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*