63 Kuda Balap Berpacu Rebut Piala Bupati di Bondowoso

 

Bondowoso, mitrajatim.com ~ Ribuan warga memadati lapangan pacuan kuda di Desa Pancoran Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Mereka tumpah ruah untuk menyaksikan balapan kuda untuk memperebutkan Piala Bupati. Sebanyak 63 ekor kuda dari berbagai kota di Jawa Timur ikut meramaikan pacuan kuda Bupati Cup II. Mereka memperebutkan piala, piagam dan uang pembinaan dari Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi).

Pacuan kuda yang kedua kalinya digelar ini, dibuka langsung oleh Pj Bupati Bondowoso M Hadi Wawan Guntoro. Serta dihadiri oleh Forkopimda dan mantan Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto.Kegiatan tersebut merupakan even tahunan yang telah digelar sebanyak 2 kali sejak berdirinya Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Bondowoso. 

Ketua Pordasi Bondowoso Abdul Fatah mengatakan, sebanyak 63 ekor kuda peserta dari wilayah Jawa Timur yang berpartisipasi dengan jumlah atlet bervariasi untuk masing-masing kuda."Pacuan kuda ini sifatnya kabupaten terbuka, sehingga peserta dari luar Kabupaten Bondowoso boleh ikut. Kalau joki bisa satu orang bisa dua kuda," katanya saat di sela-sela pertandingan pacuan kuda.

Fatah menerangkan bahwa lomba berkuda yang terbagi menjadi 12 kelas tersebut sekaligus untuk menjaring atlet-atlet terbaik yang disiapkan untuk event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) mendatang."Semua kabupaten nanti ngirim semua untuk bertanding di Porprov. Ini bagian dari seleksi untuk kontestasi tingkat lokal dan nasional," imbuhnya. 

Mantan Kepala Desa ini berharap olahraga pacuan kuda ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso agar mampu bersaing dengan daerah lain. (Ary*)