Focus Group Discussion Koordinasi Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro

Bondowoso mitrajatim.com ~ Dalam rangka meningkatkan kinerja Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro di wilayah KPPN Bondowoso, pada Bulan Agustus ini, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bondowoso melaksanakan Kegiatan Focus Group Discussion Koordinasi Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (14/8) yang diikuti oleh PT. Pegadaian Area Probolinggo, PT. Pegadaian Area Jember, PT. Pegadaian Asembagus, Permodalan Nasional Madani (PNM) Bondowoso, KSPS Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) UGT Sidogiri, dan pegawai KPPN Bondowoso. 


Kegiatan FGD Koordinasi Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang sama terkait dengan kewajiban dari KPPN Bondowoso dan Badan Penyalur Kredit Ultra Mikro (UMi); untuk mencari solusi atas permasalahan/hambatan yang timbul dalam penyaluran dan pelaporan penyaluran kredit ultra mikro; tantangan untuk membantu UMKM naik kelas yang merupakan mitra strategis dari Badan Penyalur Kredit Ultra Mikro. Pada awal kegiatan dilakukan pemutaran vidio antikorupsi dan dilanjutkan dengan sosialisasi antikorupsi yang disampaikan Bapak Alexander Budi Dayantoro selaku kepala KPPN Bondowoso. 


Kepala KPPN Bondowoso menyampaikan komitmen KPPN Bondowoso dalam pemberantasan gratifikasi, dimana seluruh pegawai KPPN Bondowoso harus menolak gratifikasi dan melaporkan penerimaan gratifikasi kepada Unit Pengendalian Gratifikasi atau ke KPK. Selain itu, Kepala KPPN Bondowoso juga menyampaikan saluran pengaduan KPPN Bondowoso yang dapat diakses yaitu melalui telpon, wa, email, wise.kemenkeu atau langsung ke KPPN Bondowoso. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala KPPN dan Bapak Achmad Setiawan selaku Kepala Seksi Bank. 

Pada kesempatan ini disampaikan perkembangan penyaluran kredit ultra mikro secara nasional dari Semester I tahun 2024; perkembangan penyaluran kredit ultra mikro di wilayah kerja KPPN Bondowoso selama 5 tahun dari tahun 2020 s.d. 2024 dilihat dari jumlah penerima dan jumlah rupiah penyaluran; penyaluran kredit ultra mikro di wilayah KPPN Bondowoso untuk tahun 2024; 4 Lembaga penyalur yang telah menyalurkan kredit ultramikro terbesar di wilayah kerja KPPN Bondowoso adalah PNM, BMT Sidogiri, Pegadaian dan Komida; dan kewajiban KPPN Bondowoso dalam rangka penyaluran kredit ultra Mikro adalah terkait dengan ketepatan data debitur, pengukuran keekonomian debitur, dan pelaksanaan monev lainya. 

Selanjutnya dilaksanakan sesi diskusi antara KPPN Bondowoso dengan perwakilan dari PT. Pegadaian Area Probolinggo, PT. Pegadaian Area Jember, PT. Pegadaian Asembagus, PNM Bondowoso, dan BMT Sidogiri. Acara berjalan dengan lancar dengan kesepakatan beberapa komitmen bersama yaitu lebih meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam pelaksanaan tugas baik untuk penyalur maupun KPPN Bondowoso dalam pelaksanaan penyaluran kredit ultra mikro dan bersama-sama berkomitmen membantu UMKM binaan untuk naik kelas. (Ary/SH)

Editor : Redaktur Pelaksana
Publiser : Mitra Jatim