Kemah Sastra Lembah Ijen Komunitas Seni & Budaya 3A Bondowoso

  

Bondowoso, MITRAJATIM.COM - Komunitas Seni dan Budaya 3A Bondowoso mengadakan kegiatan Workshop,  Lomba, Apresiasi Seni di Hutan Kota dan  GOR Pelita Bondowoso.  Gelaran workshop kepenulisan dan membaca puisi dan dongeng bahasa daerah dilaksanakan pada 20-23 Juli 2024.

Workshop ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan Kemah Sastra Lembah Ijen. Workshop yang berlangsung selama empat hari dan diikuti oleh puluhan pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA Kabupaten Bondowoso. 

Novi Agus Triono, yang biasa dipanggil dengan nama panggung Gus Nov, selaku ketua Komunitas Seni dan Budaya 3A menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari program bantuan Pemerintah untuk penguatan Komunitas sastra melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahun 2024.

Komunitasnya berhasil mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk melaksanakan kegiatan Kebahasaan dan Kesastraan di Bondowoso. Kegiatan workshop ini merupakan salah satu program yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa daerah bagi pelajar Bondowoso melalui media sastra puisi dan dongeng.

"Gus Nov mengatakan, : "dari kegiatan workshop ini kami mengharapkan munculnya kecintaan para pelajar terhadap bahasa daerah, sekaligus bisa melahirkan penulis-penulis muda produktif yang mau berkarya menggunakan bahasa daerah, dalam hal ini Jawa dan Madura". 

Sedangkan Acara Lomba dan Apresiasi Seni Budaya dilaksanakan di GOR Pelita tanggal 29, 30, 31 Juli 2024

Kemah Sastra Lembah Ijen yang berlangsung selama sepekan ini, terdiri dari beberapa jenis kegiatan. Di antaranya workshop puisi bahasa Jawa dan Madura, workshop mendongeng bahasa Jawa dan Madura, Kompetisi puisi dan mendongeng bahasa Jawa dan Madura, pameran Karya, diskusi sastra, serta akan ditutup dengan malam pertunjukan seni. 

Dengan adanya kegiatan ini, Novi berharap semangat untuk melestarikan budaya lewat bahasa daerah terus terjaga. Sebagaimana diketahui, kabupaten Bondowoso memiliki kekayaan budaya yang terhimpun dari budaya madura dan jawa. Dengan keterlibatan para pelajar, para generasi muda akan lebih peduli dengan bahasa daerah yang secara tidak langsung turut andil dalam merawat budaya daerahnya.

Kegiatan Kemah Sastra sepekan ini dimulai bersamaan dengan Acara CFD Bondowoso, oleh Komunitas Seni & Budaya Asah Asih Asuh (3A), sekretariat di Jalan HOS Cokroaminoto Gg.Rantai Emas Bondowoso. (Awo~MJ).