Evaluasi Pelaksanaan Anggaran, KPPN Bondowoso Beri Penghargaan Satker Terbaik dan Semarakkan Bazaar UMKM

Bondowoso, 18 September 2024 mitrajatim.com ~ KPPN Bondowoso menyelenggarakan Rakor Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (Rakor EPA) Semester I 2024 dengan seluruh satuan kerja mitra. Acara bertempat di Aula KPPN Bondowoso dihadiri 30 Kuasa Pengguna Anggaran dan 111 pengelola keuangan lainnya dari satker di 4 wilayah pembayaran KPPN Bondowoso yaitu Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, dan Kota Probolinggo. Turut hadir, Kepala BPKAD Kab. Bondowoso sebagai salah satu mitra KPPN Bondowoso dalam penyaluran dana Transfer ke Daerah.

Pada kesempatan ini, Kepala KPPN Bondowoso, Alexander Budi Dayantoro, memberikan apresiasi kepada 40 satker dengan capaian kinerja terbaik pada beberapa kategori. 13 satker dengan nilai IKPA sempurna, 4 satker pengguna Kartu Kredit Pemerintah (KKP) terbanyak, 13 satker pengguna Cash Management System (CMS) terbaik, 4 satker dengan transaksi Digipay terbanyak, 3 satker penyampaian LPJ terbaik, dan 3 satker penyampaian dan rekonsiliasi Laporan Keuangan terbaik. Di samping itu, juga diberikan penghargaan bagi 6 petugas satker berkinerja terbaik. KPPN Bondowoso sebagai Bendahara Umum Negara di daerah, secara periodik melakukan evaluasi pelaksanaan pengelolaan keuangan pada seluruh satker mitranya guna menjaga kualitas pengelolaan APBN dan tercapainya manfaat bagi masyarakat luas.

Dalam Rakor EPA Semester I ini, Budi memaparkan capaian realisasi APBN pada wilayah pembayaraan KPPN Bondowoso sampai dengan akhir Agustus 2024. Belanja Pemerintah Pusat disampaikan telah terealisasi 853 miliar (62,35%) dari total pagu anggaran 1,3 triliun. Sementara itu, Transfer ke Daerah telah terealisasi 3,8 triliun (70,49%) dari total pagu 5,4 triliun.

Bersama Rakor EPA, diadakan pula Bazaar UMKM dalam rangka mendukung geliat UMKM di wilayah Bondowoso. Hadir 23 UMKM yang tergabung dalam Paguyuban Car Free Day Bondowoso dengan berbagai macam produk lokal yang menarik perhatian. Acara bazaar turut dihadiri BSI Capem Bondowoso, BRI Cabang Bondowoso, serta Pegadaian Cabang Bondowoso yang merupakan mitra dan pendukung kegiatan UMKM.

Penulis : Hari Eko

Editor : Redaktur Pelaksana

Publiser : Mitra Jatim