Lagi-Lagi Oknum Mantri BRI Bondowoso Bikin Ulah, Kerugian BRI Cabang Sekitar Rp 73M

Salah satunya Nipa (60) Warga Desa Sumber Salak RT 3 Kecamatan Curah Dami. Alamat Nipa dirubah dari Desa Sumber Salak Kecamatan Curahdami menjadi Warga Desa Jurang Sapi Kecamatan Tapen


Bondowoso mitrajatim.com ~ Kejari Bondowoso terus melakukan pemeriksaan terhadap korban penipuan yang diduga dilakukan oleh oknum Mantri BRI Unit Tapen.Kecamatan Tapen Bondowoso, mereka yang diperiksa umurnya diatas 60 tahun.(Rabu,4/9/2024).

Salah satunya Nipa (60) Warga Desa Sumber Salak RT 3 Kecamatan Curah Dami. Alamat Nipa dirubah dari Desa Sumber Salak Kecamatan Curahdami menjadi Warga Desa Jurang Sapi Kecamatan Tapen. “Saya tidak pernah berhubungan dengan Bank, karena saya buta huruf. tiba-tiba saya dipanggil Kejari Bondowoso untuk diperiksa sebagai saksi. Katanya saya mendapat pinjaman Rp 50 juta dari Bank BRI Unit Tapen,” kata nenek Nipa, didampingi cucunya Roni Wijaya.

Di Desa Sumber Salak saja, lanjutnya, yang menjadi korban 8 orang. Jaksa menanyakan 20 pertanyaan, antara lain bertanya nama saya, apakah pernah mengajukan kredit pada Bank BRI Unit Tapen, dan Jaksa menunjukkan foto saat melakukan pencairan. Dan ternyata, dalam foto tersebut bukan foto saya. Foto orang lain yang lebih tua dari saya. Informasinya, Warga Desa Wonosari Kecamatan Grujugan jumlah korbannya juga 8 orang. Semua alamatnya pindah ke Kecamatan Tapen.

Ditambahkan, dari Desa Sumber Salak yang hadir hanya 3 orang. Yang lain berhalangan hadir, ada yang sudah terlalu tua, Sayuna dan ada pula yang sudah meninggal dunia, 2 orang. Sedangkan yang dari Desa Taman Kecamatan Grujugan yang diperiksa kejaksaan dua 2 orang, Amina dan Arnima, keduanya dari RT 6 Dusun Taman.

Informasinya besok hari Kamis tanggal,(5/9/2024),yang akan diperiksa dari Desa Sumber Salak, ada 4 korban, diantaranya Anwar dari Kampung Salak Desa Sumber Salak. Kemudian pada hari Jum’at jam 08.00 yang akan diperiksa Warga Desa Taman Grujugan sebanyak 15 orang, rombongan 2 mobil. Ketika media ini mau konfirmasi kepada Pimpinan Cabang BRI Bondowoso Rosid, sedang tidak ada di tempat. Padahal informasi yang dihimpun media ini, pelakunya diduga Mantri BRI Unit Tapen inisial RAN, yang menurut tetangganya mempunyai koleksi Mobil dan Motor mewah (Toyota Alphard dan Harley Davidson).

Kemudian, masing-masing korban mendapat pinjaman Rp 50 hingga Rp 90 juta. Sehingga kerugian BRI Cabang Bondowoso akibat ulah inisial  RAN sekitar Rp 37M. Dan didalam menjalankan aksinya,(RAN) diduga bekerja sama dengan warga Desa Taal Tapen, seorang agen Bank BRI Link Wilayah Kecamatan Tapen Bondowoso,”tutupnya.(Ary*)

Penulis : Ary

Editor : Redpel

Publiser : Mitra Jatim